Langsung ke konten utama

Bolu bayam/Spinach cake Enak Sedunia


Bolu Bayam atau sering disebut Spinach Cake, warna hijaunya sangat menarik. Dilihat sekilas bolu ini adalah bolu green tea. Padahal warna hijaunya yang menarik adalah warna dari daun bayam yang berwarna hijau. Mungkin kalau daunnya merah warnanya berubah. Penulis belum pernah memakai daun bayam berwarna merah. Lain kali kita eksekusi daun bayam berwarna merah ya moms.

Tidak hanya nikmat untuk disantap, manfaat bayam bagi kesehatan juga banyak. Sayuran yang umum ditemukan sehari-hari ini memiliki kandungan gizi yang beragam, rendah kalori,dan kaya serat.
Sayuran yang berasal dari Asia ini memiliki banyak nutrisi termasuk vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Vitamin yang banyak terdapat pada bayam yaitu vitamin A, vitamin C, vitamin B kompleks, vitamin K, dan vitamin E. Sedangkan mineral-mineral utama yang dimiliki bayam adalah magnesium, zat besi, asam folat, kalsium, potasium, dan sodium. Bayam juga mengandung banyak serat dan antioksidan. Selain itu, sayuran hijau yang satu ini mengandung sedikit kalori dan lemak.
Sayangnya anak anak banyak yang tidak suka menyantap sayur bayam. Untuk itu kita dapat mengatasinya dengan cara menyembunyikan sayur bayam didalam cake. Lezatnya cake sayur bayam akan membuat anak kita mau menyantap sayur bayam.Karena anak anak harus makan sayur sayuran untuk meningkatkan tumbuh kembang anak. Salah satu manfaat mengkonsumsi sayur bayam adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Resep Spinach Cake/Bolu bayam 

bahan bahan :

- 1 ikat  sayur bayam

- 250 gram tepung terigu

- 250 gram gula pasir

- 4 butir telur 

- 1 sdt Sp

- 1/2 sdt soda powder

- 1 sdt vanili bubuk

- 130 ml minyak sayur

topping : coklat ceres


Cara membuat sbb :

- Panaskan oven terlebih dahulu selama 10 menit dengan api bawah 220'C. atau sesuai oven masing masing.

- ambil daun dari sayur bayam, lalu blender daun bayam dengan 50 ml minyak sayur.

- Campurkan telur + gula pasir + Sp + vanili bubuk lalu mixer dengan kecepatan tinggi hingga mengembang putih mengental. 

- Setelah mengental masukkan tepung terigu dan soda powder sambil diayak dan mixer dengan kecepatan rendah hingga rata. Kemudian masukkan kembali daun bayam yang telah di blender lalu mixer hingga rata dan masukkan terakhir kali minyak sayur.aduk hingga rata dengan menggunakan spatula.

- ambil loyang uk.20x20cm, oleskan margarin dan alas kertas roti lalu oles kembali margarin. Tuangkan adonan kedalam loyang. Masukkan ke dalam oven dan panggang selama 40 mnt dengan api bawah 220'C lalu 10 menit dengan api atas bawah hingga matang.

Setelah matang, Cake dapat disajikan. dan anak anak pasti suka dengan rasa manis dan beraroma wangi. Tunggu apa lagi moms yuk dibuat untuk anak anak kita. karena cake ini adalah cake yang didalamnya tersembunyi sayur bayam atau kata gaulnya Sayur bayam ngumpet.

Selamat Mencoba.

by. @Amels_Mom
copy right : Juni 2019
😉😉😉😉😉😉😉😉





Komentar